Perbedaan Mesin I-DSI dan I-VTEC (Honda Jazz, CR-V, Accord etc) October 1, 2010
Posted by Panji Al-Farouk in Dunia Otomotif.trackback
sebenrnya itu perbedaan dalam struktur mesinnya aja yang
buat dua2 nya punya karakter masing2
awalnya Jazz dibuat untuk city car jd bukan buat kebut2an
mereka pikir mesin pake i-dsi udah cukup
I-DSI adalah kepanjangan dari
intelligent-double sequential ignition
jadi dalam satu silinder ada dua busi
( persis kaya motor bajaj pulsar tds-i )
keuntungannya ya pembakaran jadi lebih sempurna
setelah dibakar dengan busi pertama dibakar lagi dengan busi kedua
menjadikan mesin dengan tenaga yang sama dapat menghabiskan bahan bakar yang lebih sedikit kerugiannya adalah waktu pembakaran mesin menjadi lebih lama dan respon mesin agak lambat
V-TEC adalah kepanjangan dari
variable valve timing and electronic lift control
itu adalah mekanisme pengatur katup masuk bahan bakar pada
tiap silinder mesin
gampangnya gini :
setiap mesin punya putaran yang beda2, ada yang putaran rendah, ada yang putaran tinggi, nah selama ini putaran itu hanya bergantung pada putaran engkol mesin ( DOHC ) atau twin cam, nah dengan vtec putaran itu diatur secara mekanis dan elektris jadi tergantung pada besaran tenaga yang dibutuhkan, ga melulu dari putaran mesin
bisa katupnya yang memanjang untuk memberi pasokan campuran bensin dan udara atau memberikan mekanisme pengaturan katup yang berbeda ketika putaran tinggi
keuntungannya adalah respon mesin yang baik dan tenaga yang besar,vtec ini sudah keluar dalam bentuk i-vtec dan sistem vtec ini merupakan saingan berat sistem vvt-i toyota dan vvt-nya suzuki tapi tiap sistem punya keunggulan dan kekurangan masing2
bahkan honda baru aja keluarin mesin yang lebih edan lagi pake VCM
( Variable Cylinder Management ) yang bisa mengatur brapa silinder aja yang bekerja, misal kalo lagi macet atau pelan cukup pake 2 silinder
tapi kl lagi kenceng pake 4 silinder, ya begitulah.. hehehehe…
masalah perbedaan ga terlalu jauh
itu hanyalah masalah fungsi aja
kl mau ngebut pake i-dsi ya pasti mikir2 dulu
kl mau irit pake vtec juga mikir2 dulu
oya vtec udah pake velg racing dan bukti mobil ini bisa lebih ngebut
udah dipasang rem cakram ama keempat rodanya
Semoga membantu untuk Mania Otomotif.
Ilmu bermanfaat ini dari: http://www.belimobilhonda.com/products/42/0/Apa-sih-Bedanya-Mesin-I-DSI-dengan-V-TEC/
boleh jg toch..!! thanks info-nya boss…!!
sama2 kang 🙂
Thank’s atas infonya…info teknologi yg lain kami tunggu…
insya Allah kang 🙂
klo perbedaan dan keunntungan antara mesin ivitec a/t di banding idsi a/t apa bro soalnya ak suka mesin automatik nggak capek klo perjalanan luar kota?trims sebelumnya
iDsi yang saya pahami dia lebih irit dari V-tec sedangkan V-tec bagus untuk tarikan dan kecepatan.
wuuah… makasi infonya nih…
sama-sama kang 🙂
siipp info nya …di tunngu lai infoo info nya lagi hehehe
jadi ngerti dikit. he he he he . mksh ya infonya
siap 🙂
Mkasih infonya..mas brooo
keren bos.. tq bgt neh
sama2 kang semoga bermanfaat
sama2 kang 🙂
thanks infonya
Thanks infonya Bang…barutau Ane… untuk nentukan pilihan
info yang sangat berguna untuk memilih jenis mesin mobil
thank’s
Terima kasih banget infonya gan !
Ass,, bole sya bergabung mas??
sya kerja di sebuah bengkel, tp tmpat kami alatnya msi konvensional, mohon petunjuk tips untuk mengindentifikasi klu mobil avanza bunyi gemelitik
informasinya lengkap banget plus gambar lagi..
Keep nice posting..
Tks
kang, kira kira pas nggak kalo mesin honda accord tidak vitec diganti dengan mesin accord vitec. makasih sebelumnya
dudukan mesin dan jeroan tdk pas, konsultasikan tuk modifikasi lebih lanjut kpd bengkel langganan anda
thanks buat infonya, bisa menambah pengetahuan.. Hmm,, setau saya VCM itu hanya ada di Honda Accord V6 yang mengatur jumlah konfigurasi silinder sesuai dengan kebutuhan mesin. Yg digunakan itu formasi 3, 4, atau 6 silinder.
[…] Posted by Panji Mitiqo Al-Farouk in Dunia Otomotif. trackback […]
nice infoh boz…bermanfaat nie top…