jump to navigation

Mengenal dan Merawat Mesin Turbo (intercooler, Wastegate Valve) May 9, 2011

Posted by Panji Mitiqo Al-Farouk in Dunia Otomotif.
trackback

APA ITU TURBO?

Turbocharger (turbo) adalah komponen tambahan untuk meningkatkan tenaga mesin tanpa memperbesar volume silinder (cc) mesin. Turbo memanfaatkan tenaga putaran yang dihasilkan oleh gas buang untuk mensuplai udara lebih banyak kedalam silinder.

BAGAIMANA CARA KERJA TURBO?

Pada turbo terdapat sebatang sumbu yang pada tiap diujungnya terdapat kipas (pinwheel) yang keduanya terletak di ruang yang berbeda. Kipas pertama disebut turbin wheel di tempatkan pada saluran exhaust manifold yang akan berputar bilamana gas buang melaluinya. Pada putaran ini akan memutar keseluruhan batang sumbu berikut kipas kedua (disebut blower impeller) yang berada diujung lainnya. Blower impeller diletakkan pada saluran udara masuk ke mesin (inteke manifold) dimana ketika berputar akan mendorong udara masuk kedalam mesin. Turbo akan efektif saat exhaust manifold telah mencapai tekanan yang cukup untuk memutar turbine wheel.

MENGAPA TURBO BERMANFAAT

Karena biasanya mesin yang harus bekerja menghisap udara. Dengan kata lain, pada saat intake valve terbuka, pergerakan turun piston akan menciptakan ruang vakum pada silinder sehingga udara luar terhisap kedalamnya. Dengan adanya turbo, tekanan udara pada inteke manìfold menjadi tinggi. Maka ketika intek manifold menjadi tinggi. maka ketika intek valve terbuka, udara akan masuk lebih banyak dan lebih cepat kedalan ruang bakar. Hal inilah yang akan membuat pembakaran lebih sempurna dan efisien.

MENGAPA INTERCOOLER DIPERLUKAN?

Pada saat didorong masuk oleh turbo, tekanan udara akan meningkat, demikian pula dengan suhunya. Utk mesin, pemanasan udara masuk ini berdampak buruk. Pertama, menaikan temperatur ruang bakar. Kedua, panas akan membuat udara memuai sehingga kerapatan udara berkurang. Disinilah intercooler dibutuhkan sebagai penyeimbang. Intercooler ialah pelepas panas, semacam radiator namun bukan untuk mendinginkan engine coolant, melainkan mendinginkan udara masuk yang melaluinya. Dengan menurunnya suhu yang masuk ke mesin ini ada dua manfaat yang di peroleh: temperatur ruang bakar yang rendah dan kerapatan udara yang meningkat, jadi volume udara dapat masuk lebih banyak kedalam silinder.

MENGAPA WASTEGATE VALVE DIPERLUKAN?

Jika gas buang bertambah maka putaran turbine wheel menjadi lebih cepat, menyebabkan jumplah udara yang dihisap dan didorong oleh blower impeller kedalam intek manifold pun bertambah banyak, bahkan dapat berlebih. Untuk mengantisipasi kerusakan yg diakibatkan dr hal ini sistim turbo memiliki wastegat valve .

Mesin + Turbo

MENGENAL DAN MERAWAT MESIN TURBO

Turbocharger menjadi alternatif terbaik untuk meningkatkan daya kuda yang bisa dihasilkan mesin, tanpa harus menambah bobot mobil. Selain itu, ukurannya yang kompak dan proses pemasangannya yang sederhana, membuat turbo juga populer diaftermarket.

Perangkat ini banyak digunakan mesin diesel maupun mobil performance. Di Indonesia, banyak model yang menawarkan perangkat ini, seperti Isuzu PantherFord RangerMitsubishi L200 Strada dan Kia Carnival.

Prinsip kerja turbo, mengkompresi udara ke mesin untuk meningkatkan jumlah molekul oksigen yang masuk ke silinder. Tingginya molekul oksigen yang masuk mendorong tambahan pasokan BBM. Dengan demikian, lebih banyak BBM yang dibakar, hingga daya yang diproduksi meningkat.

Sisi Kompresor

Tekanan udara yang dikompresi bisa meningkat hingga 8 psi (pounds per square inch) dibandingkan tekanan normal. Bila tekanan normal di permukaan laut sebesar 14.7 psi, maka udara yang dikompresi mempunyai tekanan hingga 50% lebih tinggi. Namun tidak berarti power yang dihasilkan meningkat 50%. Karena ada sebagian daya yang hilang/inefisiensi. Peningkatan daya optimal turbo bisa 30 � 40 persen lebih banyak.

Untuk melakukan kompresi, turbo memanfaatkan aliran gas buang dari mesin untuk memutar turbin, yang meneruskan putaran ke kompresor udara. Turbin ini bisa berputar hingga 150,000 putaran tiap menit (rpm) atau 30 kali putaran mesin mobil pada umumnya. Temperatur perangkat ini juga bisa melesat naik, ketika bersentuhan dengan gas buang. Dengan kondisi kerja seperti itu, turbo membutuhkan material berkualitas tinggi dengan pengerjaan super presisi.

Perangkat turbo dipasang pada exhaust manifold, sedangkan kompresor udara diletakkan diantara air filter dan intake manifold. Udara yang dikompresi, suhunya naik dan ketika suhu naik, udara akan memuai lagi. Akibatnya, meskipun tekanan udara yang masuk ruang bakar tinggi, tapi jumlah molekul udara yang dibutuhkan untuk pembakaran menjadi berkurang. Oleh karena itu, maka ditambahkan perangkat intercooler yang berfungsi menurunkan suhu udara kompresi.

Aliran udara pada Turbo

Di sisi lain, penggunaan turbo juga menimbulkan kerugian pada mesin. Pemasangan turbin membuat aliran gas buang menjadi tidak lancar. Mesin juga harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk melawan tekanan balik dari saluran gas buang.

Selain itu gejala knocking/nglitik juga sering ditemui. Ini disebabkan karena udara kompresi yang bersuhu tinggi ketika masuk ke ruang bakar yang bertekanan tinggi, bisa memicu pembakaran sebelum busi memercikkan api. Oleh karena itu, mobil dengan perangkat turbo seringkali membutuhkan BBM dengan oktan tinggi, guna menghindari gejalaknocking. Kini mesin-mesin modern yang dilengkapi turbo, sudah dilengkapi semacam adjuster yang bisa menyesuaikan kompresi udara secara presisi sesuai kebutuhan mesin.

Problem lain yang sering ditemui mobil dengan perangkat turbo adalah turbo lag. Kondisi ini terjadi karena turbo tidak bisa seketika menghadirkan tambahan daya saat gas ditekan (turbo baru bekerja pada putaran tertentu). Baru beberapa detik kemudian tambahan daya bekerja, ditandai dengan melonjaknya mobil ke depan.

Cara untuk meminimalkan efek ini adalah memangkas bobot komponen yang berputar. Ini membuat turbin dan kompresor lebih mudah berakselerasi untuk melakukan kompresi. Cara lainnya, dengan menggunakan material baru seperti ceramic turbine blades. Material baru ini lebih ringan dari baja, hingga lebih mudah berputar Efek ini nyaris tidak terasa pada mesin dengan teknologi turbo modern.

Kebanyakan turbocharger memiliki wastegate, semacam katup pengaman yang memungkinkan gas buang menerobos keluar tanpa melewati turbin. Katup ini bekerja berdasarkan sensor tekanan. Bila tekanan udara terlalu tinggi, berarti turbin berputar terlalu cepat, maka exhaust gas dibuang lewatwastegate, hingga rotasi turbin melambat.

Karena turbo bekerja pada kondisi temperatur, kecepatan dan tekanan tinggi, maka peforma optimum bisa didapat jika alat ini dioperasikan dan dirawat dengan benar. Kerusakan yang sering terjadi biasanya akibat buruknya lubrikasi, atau masuknya partikel abrasif pada oli. Sebab lain adalah lolosnya partikel berukuran besar pada aliran udara yang tersedot masuk. Juga benda-benda yang tersembur keluar dari exhaust, seperti kerak karbon, serpihan komponen mesin, dll berperan menimbulkan kerusakan.

Agar turbo bekerja sempurna, maka;

    • Turbo harus di service sesuai rentang waktu yang direkomendasikan.
    • Gunakan selalu oli yang direkomendasi produsen mobil.
    • Pilih bengkel yang benar-benar ahli dalam perawatan turbo.
    • Periksa setiap kebocoran oli, suara-suara aneh dan getaran yang tidak wajar.
    • Power kurang, suara keras, asap biru atau hitam, kemungkinan mengindikasikan masalah pada mesin, bukan turbo.
    • Panaskan mesin beberapa saat, tunggu temperatur oli mesin mencapai suhu kerja optimal sebelum menggenjot pedal gas dalam-dalam untuk mengaktifkan turbo. Jangan memainkan pedal gas, karena kemungkinan lubrikan komponen turbo belum sempurna. Sebaliknya, biarkan mesin idle beberapa saat sebelum mesin dimatikan. Bila mesin dimatikan seketika, maka pasokan oli mesin ke turbo otomatis terhenti, sementara turbo masih berputar dengan kecepatan tinggi. Ini bisa menciderai bearing. Pada mesin-mesin dengan teknologi turbo terbaru, ritual  seperti itu tidak perlu lagi.

sumber: http://tofixishino.blogspot.com/2008/11/turbo-intercooler.html

http://otomotif-1978.blogspot.com/2010/10/mengenal-dan-merawat-mesin-turbo.html

About these ads

Comments»

1. C70 wadi - January 29, 2012

Apa bisa TURBO INTERCOOLER di pasang di mesin yg masih menggunakan karburator..??
mohon penjelasan’x

2. kinar - July 15, 2012

setau saya ga bisa, sebab mesin bensin tekanan gas buangnya tidak sekuat mesin diesel, jd kurang efektif jika dipasangkan.
apa sata benaar? mohon bantuannya

3. Pujiono - July 18, 2012

Turbo untuk mesin kapasitas kecil bagaimana

4. imanuel - July 25, 2012

saya punya mobil strada L 200 tahun 2005, dari knalpot keluar oli dari block yang menyebabkan oli habis kira2 apa masalahnya ya ?

Panji Mitiqo Al-Farouk - April 8, 2013

ada kebocoran pada ring laher nya

5. cristian satriandihka - September 21, 2012

apa pungsi termostatr

6. Andri Tlss - December 28, 2012

turbo masuk oli gimna solusi nya

Andri Tlss - December 28, 2012

turbo masuk oli apa peneybabnya dan apa solusi nya

7. jawadi - April 24, 2013

mesin panther touring pernah kehabisan air kompresornya terus mati mesin setelah dingin air kuisi hidup lagi tapi esok hari ada yang bocor oli mesin kata bengkel mungkin ring patah tapi tenaga masih oke. kira-kira apa ya

8. Ngarangz - June 25, 2013

Tambahin aja bro, biar gak repot nunggu bbrp saat waktu mau matiin mesin, pake aja turbo timer. Bisa disetel waktunya sesuai keinginan.

Panji Mitiqo Al-Farouk - January 29, 2014

yup seperti innova diesel

9. Bok81@ymail.com Fahrisakira - July 20, 2013

olix suru keluar gan

10. ajif endra bintara - December 4, 2013

saya baca ada tulisan oktan tinggi,, berarti bensin dong,,. setau embah saya turbo hanya bisa dipasang di mesin diesel,,.. apa mesin diesel bisa diisi bensin ya ?

Panji Mitiqo Al-Farouk - January 29, 2014

CMIIW, maksudnya oktan bahan bakar diesel tingi (pertamina dex, shell diesel ataupun petronas)

11. ikwan s - January 10, 2014

Turbo harus di service sesuai rentang waktu yang direkomendasikan.””
apakah ada ritual khusus untuk merawat turbo ??

Panji Mitiqo Al-Farouk - January 29, 2014

cukup servis rutin saja di bengkel resmi atau spesialis

12. Handoko hand - March 5, 2014

Saya tertarik dgn chevrolet spiN diesel LTZ turbo ,tapi apakah ada bnyk kelemahan nya dgn cuma diusung 1300cc saja sesuai spesifikasi pabrikan nya ,mengingat rata2 seingat saya biasanya diesel yg berturbo adl 2500cc keatas ,mhon pendapatnya thks.

Panji Mitiqo Al-Farouk - July 18, 2014

Chevy Spin LTZ turbo, saya sangat recomended bgt kang. cocok buat dlm kota dengan cc 1300

13. hamdani - March 21, 2014

kami dari cv karya samuda menerima perbaikan segala jenis TURBO VTR ,
contact us: karya.samuda@yahoo.com

14. jumiranto - April 18, 2014

photo empunya blog agak2 aneh gimana gitu… mirip2 calon ‘penganten’ yang siap tugas…

15. Oe Ong - July 5, 2014

Oli yang bagus buatFord Everestapa yaa…? diluar sservis resmi karena jauh jaraknya dari kota.

Panji Mitiqo Al-Farouk - July 18, 2014

kalau saya pribadi lebih ke Top1 Diesel atau Castrol Rimula


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: