jump to navigation

Perbedaan Mesin I-DSI dan I-VTEC (Honda Jazz, CR-V, Accord etc) October 1, 2010

Posted by Panji Mitiqo Al-Farouk in Dunia Otomotif.
trackback

sebenrnya itu perbedaan dalam struktur mesinnya aja yang
buat dua2 nya punya karakter masing2

awalnya Jazz dibuat untuk city car jd bukan buat kebut2an
mereka pikir mesin pake i-dsi udah cukup

I-DSI adalah kepanjangan dari
intelligent-double sequential ignition
jadi dalam satu silinder ada dua busi
( persis kaya motor bajaj pulsar tds-i )
keuntungannya ya pembakaran jadi lebih sempurna
setelah dibakar dengan busi pertama dibakar lagi dengan busi kedua
menjadikan mesin dengan tenaga yang sama dapat menghabiskan bahan bakar yang lebih sedikit kerugiannya adalah waktu pembakaran mesin menjadi lebih lama dan respon mesin agak lambat

Mesin I-DSI

V-TEC adalah kepanjangan dari
variable valve timing and electronic lift control
itu adalah mekanisme pengatur katup masuk bahan bakar pada
tiap silinder mesin
gampangnya gini :
setiap mesin punya putaran yang beda2, ada yang putaran rendah, ada yang putaran tinggi, nah selama ini putaran itu hanya bergantung pada putaran engkol mesin ( DOHC ) atau twin cam, nah dengan vtec putaran itu diatur secara mekanis dan elektris jadi tergantung pada besaran tenaga yang dibutuhkan, ga melulu dari putaran mesin
bisa katupnya yang memanjang untuk memberi pasokan campuran bensin dan udara atau memberikan mekanisme pengaturan katup yang berbeda ketika putaran tinggi
keuntungannya adalah respon mesin yang baik dan tenaga yang besar,vtec ini sudah keluar dalam bentuk i-vtec dan sistem vtec ini merupakan saingan berat sistem vvt-i toyota dan vvt-nya suzuki tapi tiap sistem punya keunggulan dan kekurangan masing2

Mekanisme Mesin I-VTEC

bahkan honda baru aja keluarin mesin yang lebih edan lagi pake VCM
( Variable Cylinder Management ) yang bisa mengatur brapa silinder aja yang bekerja, misal kalo lagi macet atau pelan cukup pake 2 silinder
tapi kl lagi kenceng pake 4 silinder, ya begitulah.. hehehehe…

masalah perbedaan ga terlalu jauh
itu hanyalah masalah fungsi aja
kl mau ngebut pake i-dsi ya pasti mikir2 dulu
kl mau irit pake vtec juga mikir2 dulu
oya vtec udah pake velg racing dan bukti mobil ini bisa lebih ngebut
udah dipasang rem cakram ama keempat rodanya

Semoga membantu untuk Mania Otomotif.

Ilmu bermanfaat ini dari: http://www.belimobilhonda.com/products/42/0/Apa-sih-Bedanya-Mesin-I-DSI-dengan-V-TEC/


About these ads

Comments»

1. Ahmad Saropi - December 11, 2010

boleh jg toch..!! thanks info-nya boss…!!

Panji Mitiqo Al-Farouk - January 7, 2011

sama2 kang :-)

2. Alkasuma Lugan - February 10, 2011

Thank’s atas infonya…info teknologi yg lain kami tunggu…

3. Panji Mitiqo Al-Farouk - February 11, 2011

insya Allah kang :-)

4. didik jitert - April 5, 2011

klo perbedaan dan keunntungan antara mesin ivitec a/t di banding idsi a/t apa bro soalnya ak suka mesin automatik nggak capek klo perjalanan luar kota?trims sebelumnya

Panji Mitiqo Al-Farouk - April 26, 2011

iDsi yang saya pahami dia lebih irit dari V-tec sedangkan V-tec bagus untuk tarikan dan kecepatan.

5. Pak ngah Zikri - April 26, 2011

wuuah… makasi infonya nih…

Panji Mitiqo Al-Farouk - April 26, 2011

sama-sama kang :-)

6. tukang oli - March 18, 2012

siipp info nya …di tunngu lai infoo info nya lagi hehehe

7. uci - April 2, 2012

jadi ngerti dikit. he he he he . mksh ya infonya

Panji Mitiqo Al-Farouk - May 30, 2012

siap :)

8. pram - May 16, 2012

Mkasih infonya..mas brooo

9. tomz - May 29, 2012

keren bos.. tq bgt neh

Panji Mitiqo Al-Farouk - May 30, 2012

sama2 kang semoga bermanfaat

Panji Mitiqo Al-Farouk - May 30, 2012

sama2 kang :)

10. fahmi - June 24, 2012

thanks infonya

11. Firmansyah - July 24, 2012

Thanks infonya Bang…barutau Ane… untuk nentukan pilihan

12. Aluna Mutia - August 30, 2012

info yang sangat berguna untuk memilih jenis mesin mobil
thank’s

13. michael jayavo - September 20, 2012

Terima kasih banget infonya gan !

14. Tarmizi - October 2, 2012

Ass,, bole sya bergabung mas??
sya kerja di sebuah bengkel, tp tmpat kami alatnya msi konvensional, mohon petunjuk tips untuk mengindentifikasi klu mobil avanza bunyi gemelitik

15. arsy - October 9, 2012

informasinya lengkap banget plus gambar lagi..
Keep nice posting..
Tks

16. Ali Nordin - October 15, 2012

kang, kira kira pas nggak kalo mesin honda accord tidak vitec diganti dengan mesin accord vitec. makasih sebelumnya

Panji Mitiqo Al-Farouk - April 8, 2013

dudukan mesin dan jeroan tdk pas, konsultasikan tuk modifikasi lebih lanjut kpd bengkel langganan anda

17. Adhitirta - December 14, 2012

thanks buat infonya, bisa menambah pengetahuan.. Hmm,, setau saya VCM itu hanya ada di Honda Accord V6 yang mengatur jumlah konfigurasi silinder sesuai dengan kebutuhan mesin. Yg digunakan itu formasi 3, 4, atau 6 silinder.

18. automotif | o2mediategal - December 14, 2012

[…] Posted by Panji Mitiqo Al-Farouk in Dunia Otomotif. trackback […]

19. dony - February 4, 2014

nice infoh boz…bermanfaat nie top…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: